Berkat lokasinya yang dekat dengan Lingkaran Arktik, Islandia adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat Cahaya Utara. Ini juga salah satu negara terindah di dunia , dengan pemandangan yang sangat menakjubkan, Anda mungkin berpikir Anda berada di negeri fantasi yang dibuat oleh komputer.

Seperti banyak pelancong, Aurora Borealis ada dalam daftar ember saya, tetapi perjalanan pertama saya ke negara itu pada tahun 2015 datang selama empat hari singgah dalam perjalanan ke Irlandia pada pertengahan September, bukan waktu terbaik untuk melihat lampu. Memang, menyaksikan cahaya tidak semudah yang Anda bayangkan karena sejumlah faktor harus datang bersamaan, termasuk aktivitas matahari, cuaca, dan keberuntungan.

Kredit: Bigstock.com

Taman Nasional Vatnajökull, Islandia

Sementara saya masih berharap untuk mengalami warna-warna yang mempesona di langit malam, itu tidak dimaksudkan untuk menjadi tahun itu, tetapi setelah melihat sekilas apa yang ditawarkan Islandia, saya bertekad untuk kembali dan mengejar Cahaya Utara.

Kredit: bigstock.com

Air terjun Seljalandsfoss di bawah Matahari Tengah Malam, Islandia

Pada bulan September, lanskap diselimuti warna hijau cerah, dengan percikan emas yang menunjukkan bahwa musim gugur akan segera tiba. Tidak seperti banyak tempat di mana air terjun dan sungai mengering selama musim panas, mereka jatuh dengan anggun di atas tebing.

Kredit: bigstock.com

Skogafoss

Segera setelah saya kembali ke rumah, saya merencanakan perjalanan saya berikutnya. Kali ini, saya akan mengunjungi di akhir musim dingin, waktunya untuk merayakan ulang tahun ke-21 putri saya di bulan Maret. Kita akan bergabung dengan tur Pantai Selatan dan Cahaya Utara selama dua hari dengan Islandia Ekstrim, berharap untuk meningkatkan peluang akhirnya memeriksa pengalaman daftar ember itu.

Wisata Gua Es

Sementara beberapa orang bertanya-tanya apakah saya agak gila ingin bepergian ke Islandia di musim dingin, kenyataannya tidak jauh berbeda dengan kota-kota di timur laut AS seperti Boston atau New York. Faktanya, seringkali lebih hangat dengan suhu rata-rata melayang di sekitar titik beku sepanjang musim. Dengan pakaian yang tepat, selama badai salju tidak bertiup, Anda akan tetap hangat dengan nyaman bahkan sambil menikmati banyak petualangan di luar ruangan.

Untuk perjalanan ini, sebagian besar langit biru cerah, yang membuat pemandangan putih tak berujung menjadi lebih spektakuler. Di bawah permukaan sama menakjubkannya. Kita menjelajahi gua es, dengan es glasial padat yang bersinar biru karena kurangnya gelembung udara yang biasanya menyebarkan warna spektrum saat sinar matahari menyaring dari atas.

Laguna Gletser, Islandia

Dengan langit cerah dan suhu dingin, saya pikir kita pasti akan melihat cahaya malam itu, tetapi seperti yang dijelaskan pemandu kita, kurangnya aktivitas matahari berarti kita kurang beruntung. Tentu saja, semuanya tidak hilang. Dengan pagi yang indah lainnya, kita mengunjungi Laguna Gletser yang terkenal dan mendengarkan suara gemuruh dari es yang pecah, menabrak air menciptakan gelombang kuat yang memecah keheningan.

Gletser Jokulsarlon

Saat kita kembali ke Reykjavik, kita mendaki ke salah satu lidah glasial, Gletser Falljökull, yang memanjang seperti jari-jari panjang dari Vatnajökull, yang terbesar di seluruh Eropa. Sekali lagi, harapan kita pupus untuk melihat lampu malam itu, dengan badai yang datang. Angin mulai menderu dan kepingan salju kecil yang menari-nari di udara malam semakin besar, menumpuk di jalan raya, membuat saya bersyukur bahwa kita memiliki pengemudi yang ahli.

Area Geysir, Islandia

Kita mengucapkan selamat tinggal kepada pemandu kita dan teman-teman baru tanpa foto-foto aurora yang ingin kita tangkap, tetapi mungkin itu justru membuat pengejaran semakin menarik, dan kita belum menyerah begitu saja.

Perhentian kita berikutnya adalah di sepanjang Lingkaran Emas dengan menginap di Hotel Geysir. Terletak jauh dari lampu kota tepat di seberang ladang termal yang dikenal sebagai daerah Geysir, di bulan-bulan musim dingin ada peluang bagus bahwa lampu dapat dilihat sekilas dari sini, tentu saja, asalkan kondisinya tepat.

Kredit: Bigstock.com

Cahaya utara

Dengan begitu banyak tutupan awan, kita benar-benar tidak memiliki banyak harapan untuk menangkap aurora malam itu juga. Kita berjalan ke pemandian air panas geotermal alami hotel – tidak berjalan kaki singkat dalam cuaca dingin dengan pakaian renang, tetapi air hangat yang menenangkan layak untuk melawan dinginnya saat kita berendam sambil melihat kemungkinan kemunculannya. Tidak ada jiwa lain yang terlihat, tetapi juga tidak ada lampu. Sekitar jam 11 malam, kita menyerah, dengan rambut basah kita menjadi sedingin es saat kita berlari kembali melewati salju dan es ke kamar kita.

Setelah pemanasan dan pengeringan, putri saya berpikir dia akan pergi ke luar untuk terakhir kalinya, untuk berjaga-jaga. Saat itu pukul 11:45 dan saya sudah berada di tempat tidur ketika saya mendengar langkah kakinya berlari kembali melalui aula. Dia terengah-engah, “Saya melihat hijau di langit! Saya pikir lampu ada di sini, ayo lihat! ” dia berteriak. Tamu-tamu lain juga mendengarnya. Satu demi satu, kita semua keluar dengan PJ dan jaket kita untuk menatap langit.

Kredit: © Claudio Quacquarelli – Dreamstime.com

Cahaya utara, Islandia

Itu nyata, kilatan hijau tersebar di cakrawala, tidak seperti apa pun yang pernah saya lihat. Saat mengabadikannya dalam foto, saya belajar, tidak semudah itu, melihatnya dengan mata kepala sendiri untuk pertama kalinya adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan.